(0362) 3301977
bpkpd@bulelengkab.go.id
Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Daerah

BIJAK DALAM BERSOSMED

Admin bpkpd | 08 Mei 2018 | 1226 kali

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke- 110 Tahun 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kab. Buleleng menggelar acara Pembukaan Seminar. Bertempat di Wantilan Laksana Budaya Singaraja, usai pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan acara Seminar terkait Menghindari HOAX pada hari Selasa, 08 Mei 2018.

Kadis Kominfosandi Buleleng yang diwakili oleh Sekdis Ketut Yadnya, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan dalam memperingati Harkitnas Ke-110 Tahun 2018 diawali seminar  bertema “Cara Cerdas Menyikapi HOAX Di Media Sosial” kemudian nanti pada hari Jumat (25/5) akan diselenggerakan lomba pidato Bahasa bali dan lomba film pendek di Wantilan Laksana Budaya RRI Singaraja. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan dimaksud yaitu untuk meningkatkan kualitas bermedia sosial bagi masyarakat khususnya para pelajar agar menggunakan media sosial dengan cerdas dan cermat. Selain itu, dilaporkan juga sasaran dari kegiatan dimaksud adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Perguruan Tinggi, SMA/SMK.

Narasumber pada seminar “Cara Cerdas Menyikapi Berita HOAX Di Media Sosial” yaitu Ketua Komisi Informasi Provinsi Bali I Gede Agus Astapa, S.Sos.,S.I.Kom.,MM dengan materi Cara Menghindari HOAX dan Bermedsos yang Baik dan Ketua Relawan TIK Provinsi Bali I Gede Putu Krisna Juliharta, ST.,MT.,FCNS, FCDRP dengan materi Cara Cerdas Menyikapi HOAX Di Media Sosial berikut 5 (lima) panduan dasar dalam menggunakan media sosial yaitu :

1. Menjaga Privasi

2. Jaga Keamanan AKun

3. Menghindari HOAX

4. Menyebarkan Hal yang positif

5. Gunakan Seperlunya

Adapun Hal yang pantang dilakukan di Media Sosial adalah Curhat masalah pribadi, Mengejek orang lain dan menyebut nama, Menjelekkan orang lain tanpa menyebut nama, Berbagi Foto pesta gila-gilaan dan Bersikap terlalu ekstrem

Sementara itu, Bupati Buleleng yang diwakili oleh Asisten I Setda Buleleng Made Arya Sukerta, SH.,MH membacakan sambutannya, antara lain menyampaikan agar seluruh peserta serius dalam mengikuti seminar nanti, sehingga informasi atau ilmu yang didapatkan bisa disebarluaskan ke anggota keluarga, teman dan lingkungannya masing-masing. Pentingnya menyikapi HOAX dengan cerdas adalah untuk menjaga situasi yang kondusif dan ikatan kekeluargaan tetap dalam keadaan baik. Selain itu, disampaikan pula ucapan terima kasih kepada Kepala LPP RRI Singaraja atas kerjasama yang baik telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan seminar hari ini dan lomba-lomba yang digelar nanti. #BIJAKBERSOSMED