Singaraja, Kamis 17 Pebruari 2022||BPKPDBulelengN@W!
Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kab.Buleleng mengikuti Kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional resmi digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh Sekretaris Badan Pengelelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kab.Buleleng pada hari Kamis, 17 Pebruari 2022.
Kegiatan ini menjadi keempat kalinya sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018. Kompetisi ini ditujukan bagi kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Akhir dari kompetisi ini adalah memilih peserta terbaik dari tiga kategori, yakni :
1. 2 (dua) peserta penerima kategori Outstanding Achievement,
2. 10 (sepuluh) instansi pemerintah umum, dan
3. 5 (lima) besar peserta unit penyelenggara pelayanan atau UPP.
Adapun Instansi pemerintah lain yang terlibat adalah Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI. Lima instansi tersebut sebelumnya sudah menandatangani Nota Kesepahaman Bersama atau Memorandum of Undertanding (MoU) terkait penguatan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N-LAPOR!. Pemerintah juga menggandeng Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP) untuk menyelenggarakan kompetisi ini.
Dengan kompetisi ini, penyelenggara dapat menjaring inisiatif dan mendorong semangat mengelola pengaduan. Komitmen atas pengelolaan pengaduan juga diharapkan bisa terbangun oleh setiap instansi. Pada akhirnya, terwujud manajemen pengetahuan dalam penyelenggaraan pelayanan publik, terutama dalam pengelolaan pengaduan